Keterlibatan Masyarakat dalam Membantu Ekonomi Indonesia

PERAN MASYARAKAT TERHADAP EKONOMI INDONESIA.

Arti kata depresiasi disini adalah nilai mata uang indonesia (rupiah) turun terhadap nilai mata uang US (Dolar).  Sehingga indonesia untuk mendapatkan dolar membutuhkan pengorbanan yang lebih besar. Pada Bulan Agustus dan sampai sekarang nilai tukar (Excange Rate) rupiah-Dolar terus mengalami depresi. Berikut saya tampilkan Excange rate beberapa hari yang lalu.

​KURS REFERENSI 
JAKARTA INTERBANK SPOT DOLLAR RATE (JISDOR) 
USD - IDR


Tanggal
Kurs
17 September 2015
14,452.00
16 September 2015
14,442.00
15 September 2015
14,371.00
14 September 2015
14,322.00
11 September 2015
14,306.00
10 September 2015
14,322.00
9 September 2015
14,244.00
8 September 2015
14,285.00
7 September 2015
14,234.00
4 September 2015
14,178.00
3 September 2015
14,160.00
2 September 2015
14,127.00
1 September 2015
14,081.00
31 August 2015
14,027.00

Apakah kita tau, 14.000 per dollar merupakan titik terendah mata uang kita yag kita alami pada tahun 1998 pada zaman pak soeharto. Hal ini tak dapat kita biarkan terus menerus karena akan berakibat melemahnya perekonomian indonesia sehingga pertumbuhan ekonomi indonesia akan melambat dapat mengakibatkan meningkatkan pengangguran di indonesia karena terjadinya Pengurangan tenaga kerja indonesia yang besar-besar. Dalam pikiran kita, mengapa nilai tukar yang tinggi mengakibatkan pengangguran indonesia meningkat ? mengapa meningkat karena meningkatnya biaya produksi perusahaan  preusahaan besar. Sebenarnya apabila indonesia dapat mencipkan produk rill maka nilai tukar tidak mempengarruhi produksi. Banyangkan saja, industri-industri pangan dan tekstil banyak menggunakan bahan baku import. Narasumber yang saya baca, industri – industri pangan di indonesia saja masih mendatangkan garam dari luar. Padahal indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Sungguh-sungguh memalukan negeri sendiri. Hal ini menjadikan ekonomi indonesia selalu tidak stabil karena tergantung dengan keaadaan internasional. Kita lihat sekarang dengan menguatnya ekonomi Amerika yang terlebas krisis tahun 2008. Rupiah terus mengalami depresiasi..
Sekarang saya akan membagikan cara kita mendukung ekonomi indonesia. Dari hal hal yang kecil yang dapat berdampak positif terhadap pekerbangan indonesia.

1.      Menggunakan mata uang rupiah.
Ingat, mata uang rupiah merupakan identitas negara kita. Jadi tunjukan kebanggan kita terhadap rupiah dengan menggunakan rupiah di segala transaksi di indonesia. Saya terkadang miris terhadap masyakat yang malah bangga menggunakan dolar di bandingan dengan rupiah di negaranya sendiri.
Apabila saya teliti, masih banyak perhotelan berkelas di indonesia di bali dan di tempat – tempat wisata di indonesia transaksinya menggunakan dolar.
Mengapa saya katakan menggunakan rupiah di segala transaksi di indonesia dapat membantu ekonomi indonesia ? karena semakin banyak masyarakat menggunakan dolar di segala transasinya maka permintaan akan dolar akan meningkat dan dapat menyebabkan apresiasi dolar.

2.      Menggunakan produk dalam negri
Sebagai wujud bangga kita terhadap produk dalam negri, marilah menggunakan produk dalam negri  buatan anak bangsa. Dengan menjadikan produk anak bangsa menjadi tuan rumah di negrinya sendiri. Tetapi, alangkah sedihnya kita yang selalu bangga apabila menggunkan produk luar negri, contohnya sepatu nike, adidas dan lain-lain.  Apabila masyarakat sadar akan ini, bangsa tidak akan impor barang – barang yang di dalam negri saja dapat memenuhinya. Ini akan membangkitkan industri-industri dalam negri dan tentunya akan mengurangi pengangguran.
Jadi,  banggalah menggunakan produk dalam negri jika ingin indonesia menjadi negara mandiri.
Jadi mengapa menggunakan produk dalam negri dapat membantuh pemerintah dalam ekonomi ? karena dengan pengurangan import akan menjadikan neraca perdangan kita surplus yang dimana ekspor akan lebih besar daripada import.

3.      Menggunakan pelayanan dalam negri.
Ya, banyak yang mengatakan kalo pelayanan negri buruk dibandingkan pelayanan di luar negri. Contohnya rumah sakit. Saya sangat sedih apabila ada masyarakat yang suka berobat ke laur negri, padahal di indonesia dapat disembuhkan. Saya tau itu hak anda apabila ingin berobat keluar negri. Tetapi alangkah baiknya, apabila penyakit tersebut masih dapat di tangani di rumah sakit di indonesia, rawatlah di rumah sakit indonesia. Kita bayangkan saja, berapa banyak devisa kita keluar negri apabila seperempat rakyat kita berobat keluar negri. Berapa juta dolar yang di keluarkan untu itu.

Tiga hal ini kelihatan simpel tetapi sangat membantu pemerintah saat mengalami perlambatan ekonomi atau krisis ekonomi. Kita sebagai masyarakat jangan hanya protes dan protes kepada pemerintah akan ekonomi karena bangsa yang besar adalah bangsa yang masyakat mendukung penuh program – program pemerintah dan ikur serta dalam menjalakan kebijakan pemerintah. Kita sebagai masyakat hanya dapat menuntut kepada pemeritah tanpa peduli terhadap kebijakan yang diberikan. Kebijakan-kebijakan pemerintah tidak akan berjalan apabila masyakatnya sendiri tidak ikut serta didalamnya.

Ingat, dengan kita membantu pemerintah dengan malaksankan 3 hal ini, indonesia bisa menjadi negara mandiri dan tidak krisis global tidak akan berpengaruh besar lagi terhadap ekonomi indonesia.  lihat saja sebagai contonya, menguatnya ekonomi amerika langsung berdampak pada nilai tukar kita yang mengakibatkan perlambatan ekonomi kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH GAYA HIDUP DALAM MASYARAKAT MODERN

Contoh Makalah Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Kantor Pos di Bulian,Provinsi Jambi

Gaya kepemimpinan dan contoh Gaya Kepemimpinan Honda dan Marcedez Indonesia