Bank Sentral Finlandia

BANK FINLANDIA





1.1              Sejarah
            Bank of Finlandia didirikan pada tanggal 1 Maret tahun 1812 di kota Turku oleh Alexander I dari Rusia. Pada tahun 1819 itu dipindahkan ke Helsinki. Bank dibuat dan mengatur Markka Finlandia Finlandia sampai diadopsieuro pada tahun 1999.

Fungsi dan Kepemilikan     
Bank of Finlandia merupakan Bank Sentral Finlandia dan anggota dari sistem Eropa Bank Sentral dan Eurosystem. Ini adalah Monetary Authority Finlandia, dan bertanggung jawab untuk mata uang negara untuk mendorong pasokan dan cadangan devisa.
The Bank of Finlandia Milik Republik Finlandia dan diatur oleh Parlemen Finlandia, melalui Dewan Pengawas Parlemen dan Dewan Bank. Dewan bertanggung jawab untuk administrasi Bank, dan Dewan Pengawas Parlemen untuk mengawasi administrasi dan aktivitas Bank dan  infomasi suatu aktivitas Bank. Bank diatur berdasarkan ketentuan UU Bank of Finland pada tahun 1998.

Fungsi Bank of Finland

Bank of Finland bertindak sebagai Bank Finlandia Sentral, otoritas moneter nasional dan anggota dari Bank Sentral Eropa dan Eurosystem.  
The Eurosystem meliputi Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral kawasan euro. Bank ini mengelola mata uang terbesar kedua di dunia, lebih dari 300 juta orang yang berpartisipasi dalam Eurosystem di kawasan euro dan dari awal 2014 daerah meliputi 18 negara yang ikut dalam Eurosystem. Oleh karena itu, Bank Finlandia terkait dengan kedua tujuan domestik dan Eurosystem.
Tujuan utama dari Eurosystem dan Bank of Finland menjaga stabilitas harga, yang berarti mempertahankan kenaikan moderat dalam harga konsumen. Stabilitas harga menciptakan prasyarat bagi ekonomi yang sehat. dalam rangka untuk memenuhi tujuan ini, Bank of Finlandia berpartisipasi dalam proses penyusunan dan pengambilan keputusan kebijakan moneter Eurosystem serta melaksanakan kebijakan di Finlandia. Sebuah penelitian dasar yang luas memberikan latar belakang yang kuat untuk keahlian Bank dalam mencakup tugas ini.
Selain kebijakan moneter dan penelitian, Bank of Finlandia memiliki tiga fungsi inti lainnya: pasar keuangan dan statistik, operasional perbankan dan pemeliharaan pasokan valas. Ada sekitar 420 orang yang bekerja di Bank of Finlandia dan tambahan 210 berkaitan dengan itu di Financial Supervisory Authority (FIN-FSA).


1.2 Tugas-Tugas Inti dari Bank of Finland

Ruang lingkup kegiatan Bank Finlandia mencakup empat tugas inti yaitu : kebijakan moneter dan Penelitian, Pengawasan keuangan, Operasional perbankan, serta pemeliharaan pasokan valas. Inflasi di zona euro bisa tetap rendah untuk lebih lama daripada yang diperkirakan sebelumnya, berpotensi menyebabkan kesulitan dalam menyeimbangkan perekonomian, Bank of Finland mengatakan dalam buletin kuartalan. Inflasi tahunan di perkirakan kembali turun menjadi 0,7 % pada Februari ke tingkat yang memicu pemotongan terhadap suku bunga pada bulan November, menggaris bawahi resiko akan terjadinya deflasi.
Bank Sentral Eropa, yang menargetkan inflasi mendekati di bawah 2% , meninggalkan suku bunga tidak berubah pada perubahan terbaru pada tanggal 6 Maret. presiden Mario Draghi mengatakan awal bulan ini mempertimbangkan resiko zona euro deflasi merupakan suatuzona bahaya“,Anggota Finlandia ECB Governing Council Erkki Liikanen mengatakan pada hari Senin Bank akan mempertahankan suku bunga rendah baik ke pemulihan zona euro karena pengangguran yang tinggi dan fakta bahwa banyak pabrik yang berjalan dengan baik di bawah kapasitas.

Liikanen, yang juga gubernur Bank Sentral Finlandia, mengatakan ECB bisa melangkah untuk menopang perekonomian jika diperlukan. “Dewan Pengurus siap untuk mengambil tindakan lebih lanjut yang menentukan,” katanya. Liikanen disebut tekanan inflasi “moderat”. Inflasi zona Euro telah berada di apa yang disebut Draghi “zona bahaya ” dari bawah 1 % selama lima bulan dan Bank Sentral kecewa pasar bulan ini ketika menolak untuk menurunkan suku bunga dari saat ini 0,25 % atau mengambil langkah-langkah lain untuk meningkatkan perekonomian.
Pengaruh Bank di Eurosystem didasarkan pada penelitian yang diakui secara internasional berkualitas tinggi. Empat pendekatan utama yang diambil oleh kegiatan penelitian Bank adalah kebija kan moneter dan penelitian, pengawasan keuangan, operasional perbankan, pemelihara pasokan mata uang, dan analisis ekonomi dalam transisi.

 Kebijakan moneter dan penelitian
 Tujuan utama dari kebijakan moneter Eurosystem adalah pemeliharaan stabilitas harga di seluruh wilayah euro. Keputusan yang berkaitan dengan kebijakan yang terpusat, yang diambil oleh Dewan Pemerintahan Bank Sentral Eropa (ECB) dan diterapkan di tingkat negara anggota oleh Bank Sentral nasional masing-masing. Sebagai anggota Dewan Pemerintahan ECB, Gubernur Bank of Finlandia menetapkan serta memutuskan pada tingkat bunga yang ditetapkan untuk daerah euro dan pada saat yang sama kepada Finlandia.Bank of Finland menilai dampak d ari kebijakan moneter tunggal pada perekonomian Finlandia dan membawanya ke rekening dalam pengaturan kebijakan ekonomi dalam negeri. Bank menerbitkan perkiraan makroekonomi dua kali setahun.

Pengawasan keuangan
 Bank of Finland mempromosikan stabilitas sektor keuangan dan efisiensi dengan menggunakan analisis menyeluruh dan makroprudensial melalui pemeliharaan prosedur manajemen kontingensi. Kesiapan manajemen krisis Bank didasarkan pada informasi up-to-date pada kondisi sistem perbankan dan pasar keuangan dan fungsi infrastruktur masing-masing. Jika diperlukan, Bank of Finlandia bertindak sebagai lender of last resort bagi Bank.
Bank of Finland memikul tanggung jawab untuk pengawasan sistem keuangan dan pengawasan ekonomi makro.Bank Finlandia Keuangan Otoritas Pengawasan (FIN-FSA), di sisi lain, adalah otoritas utama yang bertanggung jawab untuk pengawasan Bank, asuransi dan perusahaan asuransi pensiun serta perusahaan sektor asuransi lain, perusahaan investasi, manajemen perusahaan dan bursa saham. Operasi FIN-FSA adalah 95% dibiayai oleh entitas pengawas Bank, sedangkan sisanya 5% dibiayai oleh Bank of Finland. Secara administratif FIN-FSA bekerja sama dengan Bank of Finlandia dan dinyatakan beroperasi sepenuhnya independen. Bank menghasilkan berbagai statistik, analisis dan penilaian resiko untuk melayani para pengambil keputusan. Kompilasi statistik adalah fungsi yang mendukung Bank Sentral dalam penyusunan kebijakan moneter dan analisis stabilitas pasar keuangan.

Operasional perbankan
Bank of Finlandia Itu menerapkan kebijakan moneter Eurosystem di Finlandia melalui operasi kebijakan moneter sendiri bekerjasama dengan pihak Finlandianya, yang diterapkan pada umumnya Bank.
Bank of Finland pengamanan pengelolaan likuiditas sistem keuangan domestik dan menangani transfer pembayaran antar Bank. Operasional perbankan juga mencakup pengelolaan cadangan Bank sendiri keuangan (seperti cadangan mata uang) dan investasi bijaksana dan menguntungkan saham Bank modal ECB.

Pemeliharaan pasokan mata uang
 Bank of Finland bertanggung jawab atas manajemen pasokan mata uang di Finlandia dan bekerja untuk meningkatkan kualitas, efisiensi dan keamanan sistem pasokan mata uang. Bank menerbitkan uang kertas euro baru dan koin di Finlandia. Hal ini juga bertanggung jawab untuk memastikan keaslian dan kualitas uang yang digunakan di negara tersebut dengan menghapus palsu dan catatan yang rusak dari peredaran. Bank of Finlandia memiliki kerjasama yang berkelanjutan dengan perusahaan khusus di bidang perbankan dan distribusi kas layanan. Distribusi Mata uang ditangani melalui kantor regional Vantaa dan Oulu.

1.3 Struktur Organisasi Finlandia

Kantor  cabang Bank ini terdapat di Kuopio, Tampere, dan Oulu.

Gubenur   
      Erkki Liikanen, 


     Pentti Hakkarainen,


Deputi Gubernur 


     Sinikka Salo 

     Seppo Honkapohja


Johan Claes Sacklén 1812-1816 

     Carl Johan Idman 1817-1820 

     Otto Herman Lode 1820-1827 

    Johan Gustaf Musim Dingin 1827-1841 
     Florin Agustus 1870-1875 
     Samuel Gustaf von Troil 1875-1884
Alfred Charpentier 1884-1897


Risto Ryti 1944-1945 

Mauno Koivisto 1968-1982 

     Ahti Karjalainen 1982-1983





Dewan Pengawas Parlemen 

     Ben Zyskowicz, Ketua 

     Pirkko R Wakil Ketua 

     Mari Kiviniemi 
     Jouni Backman 
     Timo Kalli 
     Marjo Matikainen-Kallstrom 
     Lea Mäkipää 
     pia Viitanen 
     Jan Vapaa




Wakil Ketua 

     Mari Kiviniemi 

     Jouni Backman 

     Timo Kalli 
     Marjo Matikainen-Kallstrom 
     Lea Mäkipää 
     pia Viitanen 
     Jan Vapaa




Carl Wilhelm Trapp 1841-1853 

   Axel Ludvig Bom 1853-1856
Alex Federley 1853-1854


Robert Trapp 1854-1856 

   Ivar Frans Edelheim 1856-1858 

  Wilhelm Blidberg 1858-1861 

     Isak Carl Björkman 1862-1866 
     Victor von Haartman 1866-1870 
Carl Theodor Alexander Wegelius     1898-1906 
     Herman von Collan Clas 1907-1918 
     Eliel Otto Stenroth 1918-1923 
     Ramsay Agustus 1923-1924 
     Risto Ryti 1923-1940 
     Johan Wilhelm Rangell 1943-1944



Sakari Tuomioja 1945-1955 

     Rainer von Fieandt 1955-1957 

     Klaus Waris 1957-1967 



Hubungan Kerjasama Domestik

            Perusahaan yang beroperasi di pasar keuangan diatur oleh sejumlah undang-undang dan peraturan resmi. Selain Bank of Finlandia, otoritas berpartisipasi dalam pengaturan dan pengawasan di Finlandia adalah Kementerian Keuangan, Badan Pengawas Keuangan dan Departemen Sosial dan Kesehatan. Sebagai otoritas moneter Finlandia, Bank of Finlandia juga memberikan kontribusi untuk menjaga keandalan dan efisiensi dalam sistem pembayaran nasional dan sistem keuangan secara keseluruhan dan berpartisipasi dalam pembangunan mereka. Selain itu, sebagai anggota Sistem Eropa Bank Sentral (ESCB), Bank of Finlandia sangat diperlukan untuk mendorong kelancaran fungsi sistem pembayaran dan memberikan kontribusi pada stabilitas sistem keuangan kawasan euro.
Bank kegiatan Finlandia sehubungan dengan isu-isu tentang sistem keuangan sebagian besar mengambil bentuk bekerja sama dengan pihak yang berwenang, mempunyai pengaruh terhadap pelaku pasar dan masyarakat umum. Namun, Bank of Finlandia, sebagai Bank Sentral nasional, memainkan peran utama ketika prinsip-prinsip operasional untuk sistem pembayaran disepakati antara Bank. Alat-alat lain yang tersedia bagi Bank Sentral untuk mengerahkan pengaruh meliputi penelitian dan analisis, publikasi, ekspresi pendapat dan berbagai bentuk kerjasama. Kompetensi utama di tingkat nasional untuk persiapan regulasi tentang sistem keuangan dan untuk pelaksanaan proyek-proyek legislatif terletak pada Departemen Keuangan. Selain itu, Departemen Sosial dan Kesehatan mempersiapkan undang-undang yang berada dalam sektor asuransi. Sejumlah proposal legislatif namun disiapkan dalam kelompok kerja, dimana Bank of Finlandia juga diwakili. Beroperasi sebagai sebuah otoritas independen sehubungan dengan Bank of Finlandia Otoritas Pengawas Keuangan (FIN-FSA). Entitas diawasi oleh FIN-FSA termasuk Bank Finlandia, asuransi dan perusahaan dana pensiun serta perusahaan lain yang bergerak di bidang asuransi, perusahaan investasi, perusahaan pengelolaan dana dan Bursa Efek Helsinki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH GAYA HIDUP DALAM MASYARAKAT MODERN

Contoh Makalah Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Kantor Pos di Bulian,Provinsi Jambi

Gaya kepemimpinan dan contoh Gaya Kepemimpinan Honda dan Marcedez Indonesia